KEGIATAN BISNIS DI INDONESIA
Kegiatan
bisnis di Indonesia di awali dengan datang nya banyak investor asing
yang masuk ke Indonesia dan membuat infrastruktur serta fasilitas
manufaktur untuk penunjang eksport ataupun pasar domestik . kegiatan
bisnis di Indonesia semakin lama semakin meningkat , semenjaka
terjadinya krisis moneter pada tahun 1997-1998 investor yang tadi nya
menanamkan modalnya di negara-negara tetangga . itu semua terjadi karena
kepemimpinan presiden pada waktu itu di nilai tidak baik sampai akhir
nya negara memiliki hutang yang sangat besar sampai sekarang , dan
presiden pun langsung di turunkan jabatan nya oleh rakyat .
Dalam
menjalankan sebuah bisnis, konsumen merupakan salah satu bukti
suksesnya pemasaran bisnis yang Anda jalankan. Semakin banyak konsumen
yang tertarik dengan produk Anda, menunjukan bahwa strategi pemasaran
bisnis yang digunakan telah berhasil. Dan begitu pula sebaliknya jika
sebuah bisnis belum berhasil memperoleh konsumen, berarti masih ada yang
perlu dievaluasi dari strategi pemasaran digunakannya.
Salah
satu strategi yang dapat digunakan yaitu strategi pemasaran bisnis
melalui pendekatan konsumen. Dengan membangun hubungan baik dengan para
konsumen, dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap
sebuah perusahaan.
Selain
itu sebuah perusahaan dapat memenangkan persaingan bisnis, jika
perusahaan tersebut mencoba menempatkan diri pada posisi konsumen dan
memberikan solusi pada masalah yang mereka hadapi, serta membantu
konsumen untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu akan
terjalin hubungan kerjasama dalam jangka panjang yang saling
menguntungkan kedua belah pihak, konsumen akan melihat Anda sebagai
partner kerja sejati bukan hanya sebagai produsen atau pemasok produk
yang mereka butuhkan.
Untuk
menjalin hubungan kerjasama dalam jangka waktu panjang dengan para
konsumen, Anda harus mengetahui hal – hal yang disukai konsumen maupun
hal – hal yang tidak disukai konsumen. Berikut kami berikan informasinya
:
Ketika konsumen mempercayai sebuah perusahaan, maka mereka akan senang jika perusahaan Anda membantu mereka dalam hal berikut :
1. Membuka konsultasi bagi para konsumen yang memiliki masalah.
2. Memberikan solusi di waktu yang tepat, dan disesuaikan dengan kondisi konsumen
3. Meyakinkan konsumen bahwa mereka telah mengambil keputusan yang tepat
Namun ada pula kebiasaan marketing yang tidak disukai oleh konsumen, antara lain sebagai berikut :
1. Marketing yang menggunakan metode penjualan terlalu agresif
2. Terlalu menggurui konsumen, mengenai bagaimana seharusnya menjalankan bisnis mereka
3.
Pemasaran yang tidak mendidik konsumen, hanya mengunggulkan kelebihan
produk tanpa menjelaskan mengapa produk tersebut dianggap lebih unggul.
Keputusan
konsumen untuk membeli suatu produk, didasarkan pada kepercayaan dan
kebutuhan mereka akan suatu produk. Oleh karena itu lakukan pendekatan
dengan para konsumen, bukan hanya sekedar membuat konsumen membeli
produk dan melakukan pembelian berulang namun buatlah konsumen membeli
sebuah produk karena adanya kesenangan dari diri mereka. Semoga
informasi strategi pemasaran bisnis melalui pendekatan konsumen dapat
bermanfaat dan salam sukses.
Sekarang
kondisi perekonomian Indonesia semenjak lepas dari masa penjajahan
berkembang sangat pesat , hingga menjadi no 1 di kawasan ASEAN pada masa
pemerintahan Presiden Soeharto , karena program yang di jalankan oleh
Presiden saat itu yaitu PELITA (pembangunan lima tahun ) berjalan dengan
sangat baik sehingga pembangunan di Indonesia bisa merata dan dunia
bisnis di Indonesia saat itu juga sangat bagus karena terbantu dengan
kondisi perekonomian yang baik .
Semenjak
terkena dampak krisis ekonomi dunia pada tahun 1998 , nilai tukar mata
uang Indonesia terhadap Dollar Amerika menurun drastis Rp 2000 per
dollar menjadi Rp 14.000 per dollar Amerika dan karena nilai mata uang
yang anjlok maka dunia bisnis Indonesia juga mengalami degradasi yang
sama parahnya dengan perekonomian Indonesia , karena hal tersebut
Presiden Soeharto tidak di percaya lagi oleh kalangan pengusaha dan
pengusaha memindahkan asetnya dari Indonesia , yang membuat Presiden
Soeharto harus turun dari jabatan nya sekaligus mengakhiri masa order
lamayang di pimpin selama tahun 1966-1998
Sekarang dunia bisnis itu tidak saja lewat door to door tetapi bisa
lewat jaringan sosial seperti facebook dan lain-lain . konsumen itu
menginginkan pembelian barang yang di inginkan gampang , contoh nya
kalau melalui jaringan sosial , uang nya hanya tinggal di transfer saja
dan barang nya hanya dikirm lewat TIKI . sekarang sudah canggih dunia
bisnis di Indonesia itu .
REFERENSI FOR :
Postingan ini dalam rangka Lomba Blog Pojok Pulsa:
Mau Pulsa Gratis? Follow: @pojoktweet | Facebook Page Pojok Pulsa | Pojok Pulsa Google Plus Page
Tidak ada komentar:
Posting Komentar